Senin, 22 Oktober 2012

POWER SUPLY DENGAN LM7805

Power Supply dengan Regulator LM7805
 


Rangkaian power supply 5 volt DC, bagaimanapun rangkaian power supply adalah rangkaian yang pertama harus tersedia untuk bisa bekerja bereksperimen dengan rangkaian digital maupun dengan mikokontroller. Kalau suatu saat tegangan yang diperlukan misalnya 6 volt DC, demikian juga jika diperlukan tegangan 9 Volt DC atau 12 volt DC, cukup dengan mengganti LM7805 dengan IC LM7806 atau LM7809 atau LM7812 sesuai dengan keperluan anda, pcb juga sudah dibuatkan, anda dipersilahkan mengambilnya di lab., gambar rangkaian elektronik nya adalah sebagai berikut:











Tegangan dari trafo yang bekerja menurunkan tegangan yang masuk melalui jala-jala pln dari 220 volt ac menjadi 15 volt ac masuk ke rangkaian melalui titik SL1-1, SL-1-3, jika dari trafo yang tidak menggunakan Ct, tetapi jika trafo yang digunakan adalah trafo jenis Ct, maka Ct dihubungkan dengan SL1-2, selanjutnya dioda D1, D2, D3, D4 membentuk dioda jembatan untuk mengubah tegangan ac menjadi tegangan dc, tetapi jika menggunakan trafo jenis Ct hanya 2 dioda yang dipergunakan yaitu diode D1 dan D2,  dioda tersebut bekerja sebagai penyearah dan capacitor C1 2200µF (digambar diatas tertulis 104) bekerja sebagai filter sehingga tegangan dc yang dihasilkan menjadi lebih rata. LED1 akan menyala sebagai indikator bahwa rangkaian power supply sedang dihubungkan ke jala-jala listrik, sementara R1 dengan nilai 1 kohm digunakan untuk membatasi arus yang melewati Led1 sekitar 15mA agar LED tidak terbakar.Tegangan dc pada titik A adalah 16.5 volt dan tegangan kerja LED adalah 1.5 volt sehingga arus yang mengalir melalui LED1 dan R1 adalah 15 mA.
IC LM7805 bekerja sebagai regulator untuk memberikan tegangan output sebesar 5 volt dc, sementara kemampuan IC LM7805 mensuply arus hanya berkisar 300 mA, sehingga untuk arus yang lebih besar diperlukan transistor TIP42 sebagai penguat arus. Transistor TIP132 bekerja jika tegangan pada resistor R2 sudah melampaui tegangan kerja emitor dan basis transistor TIP132 yaitu 0.6 volt, untuk itu R2 akan memberikan tegangan yang diperlukan jika arus listrik melewati R2 melampaui 60 mA, dengan demikian tegangan output dapat dijaga tetap 5 volt sementara arus yang dapat disupply dapat mencapai 3A, sesuai dengan kemampuan transistor TIP42. Capacitor C2 bekerja sebagai filter dari noise yang dihasilkan oleh R2, dan C3 membuang noise dari output LM7805 dan transistor TIP42. Saklar S1 digunakan sebagai pemutus arus ke rangkaian utama jika tidak diperlukan, sementara LED2 dan LED3 bekerja sebagai lampu indikator bahwa psa sedang aktif atau tidak nilai R3 dipilih sebesar 330 ohm untuk menjaga arus menggunakan led berkisar 10 mA karena tegangan pada resistor menjadi 3.5 volt sementara tegangan pada led adalah 1.5 volt.
Capacitor C4 bekerja sebagai pembuang noise akibat kontak saklar sebelum digunakan pada rangkaian utama. Noise selalu terjadi pada saat saklar kontak dari posisi off ke posisi on, capacitor C4 juga membuang noise bawaan dari akibat kerja komponen sebelumnya.
 
Pengukuran

Pada saat tanpa beban nilai tegangan dc pada dioda penyearah adalah 17.5 volt, tetapi pada saat rangkaian power supply mendapat beban tegangan turun menjadi 15 volt sesuai dengan nilai nominal pada trafo. Tegangan output pada regulator adalah 5.2 volt pada saat tanpa beban tetapi tetap bertahan pada 5.1 volt pada saat ada beban sampai pada saat beban maksimum.

2 komentar:

  1. penjelasannya sedikit kurang paham gan, untuk komponennya apa aja gan? (dioda?)
    bisa ngga pake trafo 2A?
    tapi cukup bagus krna disertai penjelasan.. untuk model pcb nya, boleh saya minta gan? saya mau coba buat..

    BalasHapus