Senin, 22 Oktober 2012

MEMBUAT PEMANCAR TV DARI RF VCD

Buat Pemancar TV dari RF VCD


Jika mau mambangun pemancar televisi dengan mudah tanpa membutuhkan kamampuan teknis yang mendalam ada solusinya, yaitu memanfaatkan RF VCD. RF VCD sudah merupakan pemancar televisi, tugas kita memperkuat power outputnya menjadi besar, sehingga mampu mencapai jarak  yang cukup jauh. dan bisa digunakan untuk memancarkan momen/acara-acara penting dan cukup jauh pancarannya. Sewaktu itu saya pancarkan untuk acara peresmian sebuah gedung. Para tamu undangan yang berada di luar  bisa menyaksikan jalannya acara peresmian yang berada di dalam gedung  lewat dua buah monitor TV.Untuk rangkaiannya sederhana terdiri dari tiga tingkatan penguatan. Pada saat acara peresmian saya
tingkatkan terakhir satu lagi dengan menggunakan .2Sc1970 dengan hanya menggunakan antena open dipole dengan tinggi dua meter bisa diterima oleh TV monitor dengan jelas dan jernih. Berikut ini skema rangkaiannya.
                                                   Gambar 1. Rangkaian Buffer RF VCD
Jika ingin ditingkatkan lagi agar bisa menghasilkan daya yang cukup besar samai 8 Watt, saya sertakan penguat tingkat akhirnya. Transistor yang digunakan sewaktu itu 2SC2630 hanya bisa mencapai daya output 6  Watt sampai 9 Watt. Malkum karena dipaksa harus bekerja di frekuensi bukan jatahnya yaitu kisaran frekuensi 200 MHz sehingga output daya sangat kecil. Berikut rangkaiannya. selamat mencoba!

2 komentar:

  1. freqwensinya stabil tdk gan?

    BalasHapus
  2. mas, saya robi dari kota malang, kalau rf vcd nya saya sudah punya, dan untuk penguatnya saya mau pesan, dan berapa harganya ? 085257644639, tolong ya mas ya...

    BalasHapus